Saturday, October 12, 2013

5 Makanan Sehat Yang Membantu Otak Makin Pintar




Makan, makan, makan.. Siapa yang tidak suka makan ? Apalagi kalau makan makanan favorit, tidak cukup kalau hanya satu porsi (dasar manusia). Lalu apakah makanan favoritmu itu menyehatkan ? Aspek "menyehatkan" ini juga perlu kamu perhatikan dalam memilih makanan, jangan salah pilih, junkfood tidak baik dikonsumsi dalam jangka panjang. Sesuai judul artikel kali ini, Lingkaran Media akan memberikan informasi tentang 5 macam makanan yang bisa membantumu untuk mendorong kemampuan otak. Apa sebentar lagi kamu akan menghadapi ujian besar di sekolah atau kampus ? Atau sedang mengalami masalah yang sulit dipecahkan ? Coba deh untuk memasukkan beberapa makanan di bawah ini ke dalam daftar menu kamu.
1. Ikan 


  Lupa tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan ? Pertimbangkanlah untuk membeli makanan otak yang satu ini, Ikan berminyak. Omega-3, pernah dengar kata itu? Omega-3 bisa kamu dapatkan dari ikan salmon, mackarel dan sarden. Sangat bermanfaat untuk hampir seluruh bagian tubuh kita, termasuk otak. Peneliti dari University of Kuopio di Finlandia menemukan bahwa makan ikan berminyak tiga kali seminggu mengurangi risiko masalah otak sebesar 26% dan mencegah kemungkinan hilangnya memori otak.

2. Sayuran Hijau  


  Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli memiliki kandungan antioksidan, termasuk vitamin C dan beta-karoten, yang penting untuk menjaga kondisi tubuh dan otak agar tetap dalam kesehatan yang baik. Sayuran hijau juga merupakan sumber folat yang bagus, yang bisa membantu mempercepat pengolahan informasi dan daya ingat otak. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa folat yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dapat membantu untuk mencegah penurunan kognitif pada usia tua.

3. Telur


  Kuning telur adalah suber gizi yang bagus, mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk fungsi otak. makanan murah dan serbaguna ini merupakan sumber zat besi yang baik, yang sangat penting untuk menciptakan sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke otak, membantu untuk menjaga ketelitian, ketepatan, dan untuk membuat kamu tetap waspada dan fokus. Telur juga merupakan sumber vitamin B12, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kehilangan memori dan rasa kebingungan - dan yodium, yang telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak-anak.

4. Teh Hijau 


  Karena otak kita terdiri dari sekitar 80% air, menjaganya agar tidak dehidrasi sangat penting untuk membantu otak bekerja secara optimal. Namun, kalau kamu tidak begitu menyukai air mineral biasa, beralih ke secangkir teh hijau juga bisa memberikan manfaat bagi otak. Sebuah studi di Korea telah menemukan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan memori. Para peneliti juga menemukan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau dapat membantu melindungi otak dan mengurangi resiko demensia.

5. Coklat  


  Serius nih - mengkonsumsi coklat itu sebenarnya baik untuk otak! Pasti kamu semua suka makan coklat kan? coklat hitam kaya akan zat kimia yang bisa meningkatkan kinerja otak, yang disebut flavonoid, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitifmu. Penelitian telah menemukan bahwa flavonoid menginduksi pembentukan neuron baru dalam otak dan juga meningkatkan kemampuan mereka untuk membentuk memori baru. Studi juga menunjukkan bahwa flavonoid meningkatkan aliran darah ke otak. Salah satu studi menemukan bahwa wanita dewasa jika diberikan minuman cokelat yang kaya akan flavonoid, aliran darah ke otak peserta meningkat dalam waktu dua jam dan mereka bisa mengerjakan tantangan yang kompleks lebih baik dari sebelumnya. Nah tunggu apa lagi. Apa salah satu makanan di atas sudah ada di dalam kulkasmu? Kalau iya, siapkan untuk jadi menu sarapan pagi, supaya harimu bisa berjalan lebih baik dengan otak yang sehat.

1 comment:

  1. Makasih ya infonya. Setau aku sih konsumsi sari pati ayam juga bagus lhio. Liat deh: http://on.fb.me/161claS :)

    ReplyDelete